Perkenalan Algoritma
Assalamualaikum rekan-rekan.. :)
Untuk postingan awal ini saya akan memberikan Tutorial Belajar Dev
C++ Online. Tapi sebelum praktek ke skrip program kita akan ke materi terlebih
dahulu yaitu Algoritma. Apa itu algoritma?
“Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun
secara sistematis” .
A. Ciri-ciri algoritma :
1. Algoritma mempunyai awal dan akhir, suatu algoritma harus
berhenti setelah mengerjakan serangkain tugas, dengan kata lain suatu algoritma
memiliki langkah yang terbatas.
2. Setiap langkah harus di devinisikan secara tepat, sehingga
tidak memiliki arti ganda atau tidak membingungkan(ambigu).
3. Memiliki masukan (input) atau kondisi awal.
4. Memiliki akhiran (output) atau kondisi akhir.
5. Algoritma harus efektif bila diikuti benar-benar maka akan
menyelsaikan masalah.
B. Struktur Algoritma
1. Struktur Runtunan
Algoritma runtunan terdiri dari 1 atau lebih intruksi, yang di
kerjakan secara beruntun sesuai dengan urutan penulisan Algoritma tersebut.
Setelah intruksi pertama selsai di kerjakan maka akan di lanjut dengan pengerjaan
interuksi kedua lalu ke tiga dan seterusnya hingga interuksi terakhir. Jika
terjadi perubahan susunan interuksi maka hasil akhirnya kemungkinan juga
berubah.
2. Struktur Pemilihan
Pada sturktur pemilihan suatu interuksi dikerjakan jika kondisi
tertentu terpenuhi, apabila kondisi pemuihan tidak terpenuhi maka interuksi
tersebut akan di abaikan dan dilanjutkan dengan pengerjaan interuksi
selanjutnya. Struktur pemilihan memungkinkan pengerjaan interuksi yang berbeda
berdasarkan kondisi yang ada.
3. Struktur Pengulangan
Pada struktur pengulangan suatu interuksi di lakukan secara
berulang-ulang selama komdisi tertentu terpenuhi, apabila kondisi pengulangan
tidak lagi terpenuhi maka interuksi tersebut akan berherti dikerjakan. Struktur
pengulangan memungkinkan penulisan algoritma menjadi lebih ringkas dan efisien
karena suatu interuksi yang sama tidak perlu di tuliskan secara berulang-ulang.
3 cara penyajian algoritma yaitu meliputi Natural Laguage (Bahasa
Natural/Alami), Flowchart (Diagram Air), dan Pseudo Code.
1. Peyajian algoritma menggunakan Bahasa
Natural
Bahasa
natural adalah bahasa yang biasa kita gunakan sehari-hari. Penyajian algoriitma
menggunakan bahasa natural atau Natural Laguage Programing (NLP) merupakan cara
yang paling sederhana dan mudah di mengerti. Algoritma yang di tulis dengan NLP
terdiri dari kalimat yang berisikan interuksi tertentu. Penyusunan algoritma
biasanya di awali dengan kata “Start” atau “Mulai” setelah semua interuksi
selsai di tulis, di tutup dengan kata “End” atau “Selsai”.
Contoh
algoritma yang ditulis menggunakan NLP sebagai berikut.
Algoritma
membuat kopi
1. Mulai
2. Sediakan kopi,sendok, dan air panas
3. Masukan kopi dan gula ke dalam gelas
4. Tuangkan air panas ke dalam gelas
5. Aduk dengan sendok
6. Selsai.
2. Algoritma menggunakan Pseudocode
Penulisan
dengan pseudocode sudah lebih dekat ke bahasa programing namun sulit di pahami
oleh orang yang tidak mengerti bahasa, pemograman. Algoritma yang di tulis
dengan pseudocode biasanya sudah menggunakan kata kunci pemograman seperti If
untuk menyatakan jika Print untuk menampilkan output dan sebagainya.
3. Algoritma menggunakan Flowchart
Flowchart
atau diagram air merupakan penulisan algoritma dalam bentuk bagan, setiap
interuksi di tulis dalam symbol berbentuk bagan datar tertentu. Setiap symbol
mempunyai kegunaannya masing-masing. Secara garis besar, setiap pengolahan
selalu terdiri dari 3 bagian utama, yaitu Input (Bahan Mentah), Proses dan
Output.
Secara umum
urutan dasar dalam pemecahan masalah dengan flowchart sebagai berikut :
-
Start
Berisi
interuksi-interuksi untuk persiapan peralatan yang di perlukan sebelum menahani
pemecahan masalah.
-
Read
Berisi
interuksi-interuksi dalam pembacaan data dari suatu input.
-
Proces
Berisi
kegiatan yang berhubungan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang di
baca.
-
Urive
Berisi
interuksi untuk merekami hasil kegiatan dan dikirim ke output.
-
End
Mengakhiri
kegiatan pengolahan.
D. Contoh paradigma pemograman yang ada saat
ini :
1. Paradigma Prosedural
Penyelsaian masalah sebagai hasil dari serangkaian langkah yang
menyelsaikan suatu masalah sebagai konsep von newman. Contoh :
Algel,Pascal,Fortron,basic,C dll.
2. Paradigma Fungsional
Penyelsaian suatu masalah sebagai hasil komposisi yang memetakan
masalah ke jawaban, komposisi yang di sebut sebagai primitif.
Untuk
contoh paradigma pemograman saya hanya memberikan 2 contoh untuk lebih jelasnya
silahkan cari di sumber/situs lainnya.
Sekian
untuk pembahasan mengenai Pengertian Algoritma, dan jika rekan-rekan ingin bertanya
silahkan tuliskan pertanyaan kalian di kolom komentar. Untuk praktek saya
menggunakan Apk Dev C++. Dan untuk rekan-rekan saya sarankan memakai Dev C++
atau Code Block.
Mohon
maaf bila ada kesalahan dari artikel di atas karena saya juga masih dalam
proses belajar;
Dan jangan lupa Titik Koma;
0 komentar:
Posting Komentar