Senin, 20 Agustus 2018

Tutorial Belajar Dev C++ Dasar Pengertian Algoritma Secara Singkat

Perkenalan Algoritma



Assalamualaikum rekan-rekan.. :)

Untuk postingan awal ini saya akan memberikan Tutorial Belajar Dev C++ Online. Tapi sebelum praktek ke skrip program kita akan ke materi terlebih dahulu yaitu Algoritma. Apa itu algoritma?

“Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis” . 

 A.   Ciri-ciri algoritma :
1. Algoritma mempunyai awal dan akhir, suatu algoritma harus berhenti setelah mengerjakan serangkain tugas, dengan kata lain suatu algoritma memiliki langkah yang terbatas.
2. Setiap langkah harus di devinisikan secara tepat, sehingga tidak memiliki arti ganda atau tidak membingungkan(ambigu).
3. Memiliki masukan (input) atau kondisi awal.
4. Memiliki akhiran (output) atau kondisi akhir.
5. Algoritma harus efektif bila diikuti benar-benar maka akan menyelsaikan masalah.

 B.    Struktur Algoritma
1. Struktur Runtunan
Algoritma runtunan terdiri dari 1 atau lebih intruksi, yang di kerjakan secara beruntun sesuai dengan urutan penulisan Algoritma tersebut. Setelah intruksi pertama selsai di kerjakan maka akan di lanjut dengan pengerjaan interuksi kedua lalu ke tiga dan seterusnya hingga interuksi terakhir. Jika terjadi perubahan susunan interuksi maka hasil akhirnya kemungkinan juga berubah.

2. Struktur Pemilihan
Pada sturktur pemilihan suatu interuksi dikerjakan jika kondisi tertentu terpenuhi, apabila kondisi pemuihan tidak terpenuhi maka interuksi tersebut akan di abaikan dan dilanjutkan dengan pengerjaan interuksi selanjutnya. Struktur pemilihan memungkinkan pengerjaan interuksi yang berbeda berdasarkan kondisi yang ada.

3. Struktur Pengulangan
Pada struktur pengulangan suatu interuksi di lakukan secara berulang-ulang selama komdisi tertentu terpenuhi, apabila kondisi pengulangan tidak lagi terpenuhi maka interuksi tersebut akan berherti dikerjakan. Struktur pengulangan memungkinkan penulisan algoritma menjadi lebih ringkas dan efisien karena suatu interuksi yang sama tidak perlu di tuliskan secara berulang-ulang.

 C.    Penyajian Algoritma
3 cara penyajian algoritma yaitu meliputi Natural Laguage (Bahasa Natural/Alami), Flowchart (Diagram Air), dan Pseudo Code.

1.     Peyajian algoritma menggunakan Bahasa Natural
Bahasa natural adalah bahasa yang biasa kita gunakan sehari-hari. Penyajian algoriitma menggunakan bahasa natural atau Natural Laguage Programing (NLP) merupakan cara yang paling sederhana dan mudah di mengerti. Algoritma yang di tulis dengan NLP terdiri dari kalimat yang berisikan interuksi tertentu. Penyusunan algoritma biasanya di awali dengan kata “Start” atau “Mulai” setelah semua interuksi selsai di tulis, di tutup dengan kata “End” atau “Selsai”.

Contoh algoritma yang ditulis menggunakan NLP sebagai berikut.
Algoritma membuat kopi
1.     Mulai
2.     Sediakan kopi,sendok, dan air panas
3.     Masukan kopi dan gula ke dalam gelas
4.     Tuangkan air panas ke dalam gelas
5.     Aduk dengan sendok
6.     Selsai.

2.     Algoritma menggunakan Pseudocode
Penulisan dengan pseudocode sudah lebih dekat ke bahasa programing namun sulit di pahami oleh orang yang tidak mengerti bahasa, pemograman. Algoritma yang di tulis dengan pseudocode biasanya sudah menggunakan kata kunci pemograman seperti If untuk menyatakan jika Print untuk menampilkan output dan sebagainya.

3.     Algoritma menggunakan Flowchart
Flowchart atau diagram air merupakan penulisan algoritma dalam bentuk bagan, setiap interuksi di tulis dalam symbol berbentuk bagan datar tertentu. Setiap symbol mempunyai kegunaannya masing-masing. Secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari 3 bagian utama, yaitu Input (Bahan Mentah), Proses dan Output.
Secara umum urutan dasar dalam pemecahan masalah dengan flowchart sebagai berikut :
-         Start
Berisi interuksi-interuksi untuk persiapan peralatan yang di perlukan sebelum menahani pemecahan masalah.

-         Read
Berisi interuksi-interuksi dalam pembacaan data dari suatu input.

-         Proces
Berisi kegiatan yang berhubungan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang di baca.

-         Urive
Berisi interuksi untuk merekami hasil kegiatan dan dikirim ke output.

-         End
Mengakhiri kegiatan pengolahan.

 D.   Contoh paradigma pemograman yang ada saat ini :
1. Paradigma Prosedural
Penyelsaian masalah sebagai hasil dari serangkaian langkah yang menyelsaikan suatu masalah sebagai konsep von newman. Contoh : Algel,Pascal,Fortron,basic,C dll.

2. Paradigma Fungsional
Penyelsaian suatu masalah sebagai hasil komposisi yang memetakan masalah ke jawaban, komposisi yang di sebut sebagai primitif.

Untuk contoh paradigma pemograman saya hanya memberikan 2 contoh untuk lebih jelasnya silahkan cari di sumber/situs lainnya.

Sekian untuk pembahasan mengenai Pengertian Algoritma, dan jika rekan-rekan ingin bertanya silahkan tuliskan pertanyaan kalian di kolom komentar. Untuk praktek saya menggunakan Apk Dev C++. Dan untuk rekan-rekan saya sarankan memakai Dev C++ atau Code Block.
Mohon maaf bila ada kesalahan dari artikel di atas karena saya juga masih dalam proses belajar;
Dan jangan lupa Titik Koma;

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Titik Koma;

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog